Friday, March 29, 2013

Cara Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Dengan Jamu Tradisional

Cara Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Dengan Jamu Tradisional. Saudara-saudar semua pastinya anda pernah mendengar tentang penyakit kolesterol. Biasanya orang selalu menyebutkan kolesterol dan asam urat. Dua penyakit itu biasanya datang dan menyerang secara bersamaan. Mungkin di postingan ku yang dulu perbah membahas mengenai penyakit Asam Urat dan anda bisa membacanya. Kali ini akan kami kususkan mengenai Kolesterol.

Cara Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Dengan Jamu Tradisional
Nah maka dari itu kita patut waspada akan serangan Kolesterol yang bisa berakibat fatal pada tubuh kita dengan menjaga kesehatan. Kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Penyakit Kolesterol, Gejala Kolesterol,  Penyebab Kolesterol, Cara Mengatasi Kolesterol, Dan Jamu tradisional untuk mengatasi Kolesterol dan yang terakir Cara mencegah Kolesterol.

1. Penyakit Kolesterol
Kolesterol adalah senyawa bertekstur lembek dan terdapat diantara lemak dalam aliran darah dan semua sel tubuh. Ada dua jenis koleserol yang kita kenal, yakni Low density lipoprotein (LDL)- disebut juga kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL)-disebut juga kolesterol baik.

2. Gejala Kolesterol
Bagaimana gejala dan tanda-tanda yang dialami oleh seseorang dengan kadar kolesterol berlebih? Umumnya, gejala tersebut sulit dikenali dan bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Yang biasa di alami biasanya gejala seperti pegal pada bagian tengkuk leher belakang, migrain (sakit kepala sebelah), kesemutan dan persendian terasa nyeri dan sakit

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kental karena banyak mengandung lemak. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mengganggu kelancaran peredaran darah.

Adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah akan membuat pembuluh darah menyempit dan sangat mengganggu supplai oksigen dalam tubuh.

Akibatnya, kadar oksigen di dalam darah berkurang dan timbullah gejala-gejala akibat kurang oksigen seperti sakit kepala atau pegal-pegal. Namun, biasanya gejala tersebut tidak disadari seseorang sebagai akibat kelebihan kolesterol pada tubuhnya karena gejala-gejala tersebut kadang dapat juga disebabkan masalah kesehatan lainnya sehingga tidak jarang orang baru menyadarinya setelah mengalami serangan jantung atau stroke.

3. Penyebab Kolesterol
Peningkatan kadar kolesterol terjadi karena berbagai sebab, mulai dari riwayat keluarga sampai asupan yang salah.

1. Pola makan
Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol. Lemak jenis ini banyak ditemukan pada daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue-kue, serta berbagai jenis makanan yang digoreng.

2. Berat badan
Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang bukan hanya membuat Anda repot mencari celana yang pas, tapi juga meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

3. Tingkat aktivitas
Kurang beraktivitas juga akan meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan membuat HDL terlalu sedikit.

4. Usia dan jenis kelamin
Di atas usia 20 tahun, kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat kecuali Anda melakukan sesuatu untuk menghentikan kecenderungan itu.

5. Kesehatan keseluruhan
Jangan lewatkan pemeriksaan kesehatan rutin dan mintalah dokter menjelaskan risiko Anda terhadap berbagai penyakit. Memiliki beberapa jenis penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid bisa meningkatkan kadar kolesterol.

6. Riwayat keluarga
Ada orang-orang tertentu yang tetap memiliki kadar kolesterol tinggi meski sudah menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang. Faktor keturunan ternyata juga berperan dalam terjadinya kelebihan kolesterol jahat.

7. Merokok
Anda pasti tahu bahaya dari merokok. Selain merusak paru, kebiasaan merokok juga akan menurunkan level kolesterol baik.

8. Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat tentunya memiliki peranan yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Kalau pola hidup sehat kita kurang tentu saja penyakit akan datang pada kita. 

4. Cara Mengatasi Kolesterol
  • Mempertahankan pola makan sehari-hari yang seha dan seimbang. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah karena serat-serat makanan bisa mengurangi penyerapan lemak di usus halus. Selain itu, kita harus membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.
  • Melakukan kegiatan jasmani yang cukup sesuai dengan berat badan yang ideal.
  • Mempertahankan berat badan agar sesuai dengan berat badan ideal
  • Tidak merokok
  • Kita perlu mewaspadai kadar glukosa darah karena faktor keturunan
5. Cara Mencegah Kolesterol
 1. Hindari makanan berkolesterol tinggi
Cara ini adalah upaya pertama untuk mencegah terjadinya kelebihan kolesterol. Perbanyak pangan nabati daripada hewani karena sumber kolesterol ada pada pangan hewani. Berikut ini contoh pangan hewani yang menjadi sumber kolesterol.
- Kuning telur
- Cumi-cumi
- Otak sapi
- Otak dan kaki babi
- Telur burung puyuh
- Jeroan sapi, kambing dan babi
- Gajih
- Kerang putih (tiram)
- Mentega dan margarin
- Kepiting

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Kedua bahan makanan ini memang banyak diketahui mampu menurunkan kdaar kolesterol “jahat” yang berlebihan dan meningkatkan HDL. Mengapa? Ini disebabkan sayur dan buah mengandung serat makanan, antioksidan dan nutrisi lain.

Antioksidan yang tedapat di sayur dan buah meliputi betakaroten (pro vitamin A), vitamin C, dan vitamin E. Peneliti di University of Western Ontario membukitkan bahwa konsumsi tiga gelas jus jeruk sehari meningkatkan HDL sampai 21 mg % atau 10-20 poin dalam wktu empat minggu.

3. Jaga kestabilan tekanan darah
Hipertensi atau tekaan darah tinggi mempercepat pengerasan arteri yang menjadi penyebab utama terjadinya ateriosklerosis. Oleh karena itu, selalu kontrol tekanan darah Anda pada kondisi normal.

Tekanan sistolik (tekanan bawah) lebih dapat diandalkan untuk melihat kecenderungan terjadinya aterosklerosis dibandingkan tekanan diastolik (tekanan atas). Jaga tekanan sistolik selalu di bawah 140 mmHg dan tekanan diastolik dibawah 90mmHg.

4. Turunkan berat badan
Orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol dan lemak yang tinggi dan kadar HDL yang rendah. Kelebihan berat badan juga memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyakit ini juga memicu terjadinya aterosklerosis.

5. Pola Makan Yang Tepat
Pola makan yang tepat bergisi dan sehat tentu saja sangat berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu lakukanlah pola makan yang tepat setiap hari.

6. Jamu Tradisionla Turunkan Kolesterol
  • Konsumsi daun sirsak sebagai minuman
  • Konsumsi buah manggis

1 comments:

ADY PURNA said...








Saya....dr batam ingin bercerita buat temen2 semua bahwa sy selalu di hina dan di permalukan
oleh cewek2 yg sy dekati,bahkan di bilangi cowok jelek,serem.cewek sangat sy cintai beruba
menjadi benci sm sym,suatu hari sy buka interne sy temui nmr;MBAH JOKO yg bisa membuat cewek
ter gila2 pada kita.sy coba hub.minta pertolongan.3 hari setelah itu cewek sy datang ke rumah
minta maaf dan meminta sy segera melamarnya.sy coba berpurapura tdk mau menerimanya dia menangis
nekad bunuh diri.itu berkat jampi pelet MBAH JOKO cewek sy tdk mau putus lagi.sy pun langsung
melamar pada orang tuanya,ahirnya kami menikah,dan sekarang sudah hamil 2 bulan.jampi pelet
MBAH JOKO memang betul ampuh,ajaib...bagi teman yg ada masalah dalam bercinta baik cowok atau
cewek,suami atau istri selingku,suami kawin lagi,segra hub.MBAH JOKO minta pertolongan.
insaallah keiginan akan terwujud..ini nmr beliau;085331471114

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Kesehatan - All Rights Reserved